Terakreditasi B, STIE Bangkinang Bisa Jadi Pemuncak di Empat Provinsi

Terakreditasi B, STIE Bangkinang Bisa Jadi Pemuncak di Empat Provinsi

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bangkinang mencetak 153 sarjana. STIE mewisuda mahasiswanya di sebuah Hotel ternama di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (2/4/2016).

Wisudawan dan wisudawati Angkatan XII Tahun Akademik 2015/2016 ini beruntung mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi B. STIE Bangkinang siap-siap disejajarkan dengan perguruan tinggi swasta yang sudah sejak awal berada di level pemuncak.

Hal itu sangat memungkinkan diraih. Seperti dikemukakan Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X, Prof. Ganefri saat memberi sambutan dalam acara wisuda itu.

"Kalau Akreditasinya dimasukkan, STIE Bangkinang berpotensi jadi lima besar di lingkungan Kopertis Wilayah X," katanya.

Keanggotaan Kopertis X tersebar di empat provinsi. Yakni, Riau, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau. Menurut Ganefri, sebelum terakreditasi B, STIE Bangkinang berada di posisi ke-26 dari 248 perguruan tinggi swasta pada tahun 2015 lalu.

Ganefri menyebutkan, akreditasi berpengaruh bagi lulusan perguruan tinggi dalam mencari pekerjaan. Guru Besar Fakultas Tekni Universitas Negeri Padang (UNP) ini mengungkapkan, antara lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta sudah tidak ada perbedaan.

"Yang membedakan, lihatlah akreditasinya," imbuhnya.

Wisuda itu sempat diliputi haru saat Edi Wijaya, perwakilan wisudawan menyampaikan kesan dan pesan selama kuliah di kampus naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Kampar (YLPK) tersebut. Wisuda kali ini, dua mahasiswi meraih predikat Cumlaude.

Yusnavia Vera dengan IPK 3,67 dan Astuti Dola Bastina dengan IPK 3,62. Keduanya menyelesaikan perkuliahan 8 semester tanpa nilai C atau tidak pernah mengulang mata kuliah. Sedangkan pemuncak pada Program Studi Manajemen diraih Nurul Hikmah dengan IPK 3,73 dan pada Prodi Akuntansi diraih Komalasari dengan IPK 3,73.

Pada kesempatan itu, Ketua STIE Bangkinang Zamhir Basem menyampaikan pidato ilmiah. Pidato bertajuk "Melemahnya Kepemimpinan Sektor Publik".

Ketua Pembina YLPK Zulher dalam sambutannya berharap, akreditasi B menjadi motivasi bagi para lulusan dalam mengembangkan ilmu di tengah masyarakat. Ia mengingatkan para wisudawan bersiap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kampar Nasrul Zein yang mewakili Bupati Jefry Noer kembali mengingatkan lulusan STIE agar lebih kreatif dan mandiri di tengah persaingan di era MEA semakin ketat.

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ariestia

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2016/04/03/terakreditasi-b-stie-bangkinang-bisa-jadi-pemuncak-di-empat-provinsi


Print   Email